Penerimaan penggalang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 28 Juli 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan siswa baru kelas VII menjadi pramuka penggalang yang mandiri. Perlu kita ketahui, awalnya mereka masih pramuka siaga di tingkat Sekolah Dasar.

Kegaiatan ini diawali dengan pendirian tenda pada hari Jum’at tanggal 27 Juli 2018 pada sore hari. Setiap regu mendirikan tenda yang telah mereka siapkan. Pendirian tenda merupakan salah satu penilaian dari kegiatan penerimaan penggalang. Hari Sabtu tanggal 28 Juli 2018, siswa kelas VII dipulangkan setelah jam ke-6 KBM, namun anak-anak tidak diperbolehkan pulang ke rumah karna mereka sudah diberi tahu sebelumnya untuk membawa peralatan kemah dari rumah waktu berangkat sekolah. Setelah KBM ke-6 mereka mempersiapkan diri untuk mengikuti pembukaan penerimaan penggalang.

Pembukaan penerimaan penggalang dibuka pukul 14.00 WIB di lapangan belakang sekolah oleh kepala SMP Negeri 1 Lasem. Setelah pembukaan dilanjutkan kegaiatan penjelajahan untuk mengetahui dasar-dasar kepramukaan. Penjelajahan dilaksanakan di Dukuh Caruban Desa Gedongmulya Lasem.  Terdapat empat pos yaitu pos “yel-yel”, pos “dhasa dharma”, pos “halang rintang” dan pos “PBB”. Setiap regu harus melewati pos tersebut dan mendapatkan ujian sesuai dengan pos yang dituju.

Malam hari, siswa-siswi mempersiapkan pentas seni untuk menampilkan kreativitas kelas. Pentas seni juga merupakan bagian dari penilaian penerimaan penggalang. Tak lupa setiap kegiatan mereka juga melaksanakan ibadah secara berjamaah. Kegiatan penerimaan penggalang selesai hari Minggu tanggal 29 Juli 2018 pukul 09.00 WIB dengan ditutup oleh Kagudep.